by 01.29 0 komentar

Cara Menambahkan Plugin Dalam Blog

Seperti yang kita tahu bahwa blog wordpress self hosting harus ditambahkan plugin-plugin untuk memaksimalkan blog tersebut. Ada banyak plugin yang disediakan oleh wordpress.org tapi bukan berarti harus kita pasang banyak-banyak. Kondisikan blog agar tidak memasang plugin yang tidak kita ketahui fungsinya. Atau tidak memasang plugin yang fungsinya hanya sekadar “suka” saja.
Awal kali saya membuat blog belum mengerti untuk apa plugin-plugin disediakan. Yang saya tahu, membuat blog self-host sama saja seperti membuat blog wordpress gratis. Perbedaannya hanya berbayar dan tidak. Tapi ternyata salah besar, blog wordpress.com gratis tidak bisa kita lebih maksimalkan dengan plugin.
Plugin adalah perangkat tambahan yang berisi script untuk memaksimalkan fungsi wordpress blog, pada pembahasan ini. Plugin untuk browser juga ada, tapi bukan itu yang akan dibahas, hehe.
Setiap orang mempunyai selera masing-masing dalam memilih plugin yang hendak dipasang di blog. Kalau saya, pertama kali membuat blog akan diinstal plugin jetpack, agar tidak jauh berbeda dengan blog wordpress.com yang sudah digunakan sebelumnya. Dengan satu plugin tentu belum cukup dan saya akan menambahkan plugin lainnya. Pertanyaannya bagaimana cara menambahkan plugin dalam blog?

Cara Menambahkan Plugin

Menambahkan plugin ke dalam blog ada dua cara yang saya ketahui. Keduanya mudah untuk dilakukan, jadi bisa dipilih salah satu. Berikut ini cara menambahkan plugin ke dalam blog:

Pertama: Menambahkan Plugin Melalui Dasbor Blog

1. Masuk terlebih dahulu ke dalam dasbor blog Anda
2. Pilih menu “plugin” lalu “add new plugin” lalu akan muncul seperti di bawah ini:
cara menambahkan plugin dalam blog
3. Jika plugin belum Anda dapat, silakan search Plugin dengan memasukkan keyword / kata kunci dari plugin yang akan kita cari, otomatis akan keluar banyak plugin sesuai keyword yang Anda ketikkan. Jika sudah ketemu plugin sesuai keinginan, segera klik install now. Berhubung saya memberi contoh plugin yang sudah diinstal maka tulisannya “installed”
cara menambahkan plugin dalam blog
4. Selesai. Anda tinggal mengaktifkan plugin dan mengaturnya sesuai yang diinginkan

Kedua: Instal Plugin Melalui Cpanel

1. Download terlebih dahulu plugin yang Anda inginkan di wordpress directory plugin atau di tempat lain
2. Masuk ke cpanel hosting Anda
3. Pilih file managerweb root blog yang dimaksud dan — Go
cara menambahkan plugin dalam blog
4. Pastikan folder pada public_html — lalu klik upload. Lihat gambar:
cara menambahkan plugin dalam blog
5. Klik choose file plugin yang sudah kita download sebelumnya, otomatis akan segera terupload
cara menambahkan plugin dalam blog
6. Selesai. Masuk ke dasbor blog lagi, lihat pada installed plugin. Plugin yang sudah kita upload otomatis nongol di sana, tinggal setting, beres deh 😀

Oktavika Desti

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar