by 01.05 0 komentar

FUNGSI KATEGORI TAG DAN LABEL

 

FUNGSI KATEGORI TAG DAN LABEL


Tag dan kategori ini sebenarnya terkait dengan sejarah search engine. Dimana dulu sebelum adanya search engine, yang terkenal adalah directory. Di dalam directory terdapat kategori-kategori website untuk memudahkan pengguna mencari web yang diinginkan. Nah, setelah pengguna search engine makin banyak, maka penggunaan topik-topik atau kategori sudah tidak diperlukan lagi, sekarang yang lebih diperhatikan adalah kata kunci.
Seperti halnya di blogger blogspot, wordpress pun memiliki suatu fitur pengelompokan artikel yang lebih familiar disebut kategori dan tag. Kategori dan tag ini, pada dasarnya tidak begitu jauh berbeda dengan “label” pada blogspot. Namun tentunya bukan berarti setiap artikel yang kita tulis pada blog wordpress harus memiliki kategori dan tag yang sama persis. Jika boleh saya bedakan, fungsi kategori pada wordpress sifatnya lebih umum. Nah…untuk tag itu sendiri, bisa kita tulis dengan yang lebih spesifik dan beragam.
Aslinya, 
1. fungsi kategori adalah untuk kategorisasi atau pengelompokan artikel / posting yangg kita tulis. Memang kalau tulisan di blog masih sedikit, masih belum terasa manfaatnya. Tapi kalau artikel yang kita tulis sudah puluhan, ratusan atau bahkan ribuan, kategori menjadi keharusan. Kategori mempermudah kita untuk mencari tulisan yang kita inginkan. Namun ada fungsi kategori kedua yaitu mempertajam SEO (search engine optimization) tulisan kita. Sebuah blog yang baru dibuat biasanya tidak langsung dikenal oleh search engine. Tapi dengan bantuan kategori, tulisan kita akan masuk search engine walaupun blog kita belom masuk. Hal ini bisa terjadi, karena link kategori tersebut sudah dikenal baik oleh search engine.
Oleh karena itulah, mengapa terkadang banyak blogger pengguna wordpress yang dalam satu artikel menggunakan atau memanfaatkan kategori sebanyak-banyaknya–kadang tak berkaitan dengan isi– dengan tujuan supaya semakin sering “dilirik” Google dan search engine lain.
2. Tag juga tak begitu berbeda dengan kategori. Berfungsi untuk pengelompokan artikel. Konon, sekarang banyak search engine yang mendata setiap artikel yang masuk berdasarkan isi tag atau kategorinya. Kelebihan tag dibanding kategori adalah ia lebih fleksibel. Kita bisa menambah tag di kotak yang tersedia di bawah kotak posting tanpa meninggalkan jejak di barisan kategori di sebelah kanan posting. Jadi, untuk kategori buatlah seperlunya. Yang sesuai dengan isi tulisan. Untuk tag, bolehlah kita isi yang agak “ramai.

3. fungsi label adalah untuk mengelompokan tulisan berdasarkan kriteria tertentu atau yang memiliki kesamaan topik (kategori). Dengan memberikan label pada postingan akan mempermudah pembaca untuk mengadakan penelusuran dan postingan terkait.

Oktavika Desti

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar